Teknologi LiDAR Dalam Produk Apple

Apple merupakan salah satu produsen teknologi yang remi tengah meluncurkan ponsel terbarunya yang bernama iphone 12. Dimana dalam ponsel ini hadir 4 varian iphone yang telah ditawarkan kepada konsumen, yaitu iphone 12 mini, iphone 12, iphone 12 pro, dan iphone 12 pro Max. Salah satu hal yang paling menyita perhatian para pecinta iPhone adalah kehadirkan teknologi LIDAR pada kamera varian iphone 12 pro dan iphone 12 Pro Max. Dimana teknologi ini kabarnya tengah menjadi perhatian para pecinta iphone yaitu hadirnya pemindai LIDAR yang bukan hal baru bagi produk keluaran Apple. Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs yang menyematkan teknologi ini pad ipad pro yang tengah meluncur juga di tahun ini.

LIDAR merupakan Light Detection and Ranging yang bekerja dengan cara yang hampir serupa dengan radar, hanya saja menggunakan laser untuk menilai jarak dan juga kedalaman. Dimana konsep LIDAR ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Teknologi ini hadir sebagai pemindai dan memetakan lingkungan dengan menembakkan sinar laser lalu menentukan waktu yang cepat untuk bisa kembali. Hanya saja kebanyakan teknologi futuristik, LIDAR telah memulai kehidupannya menggunakan alat militer di pesawat yang digunakan dalam misi Apollo 15 dalam memetakan permukaan bulan.

Hanya saja teknologi LIDAR ini juga terlihat pada mobil self-driving yang dapat membantu mendeteksi objek seperti pengendara sepeda maupun pejalan kaki. Dalam beberapa tahun teakhir ini, teknologi LIDAR benar-benar terbuka. Dimana sistem yang semakin kecil, lebih murah, dan juga lebih akurat. Teknologi LIDAr ini akan memulai menjadi sebuah tambahan untuk perangkat seluler yang sudah memiliki prosesor yang kuat. Teknologi Lidar ini juga telah memiliki peran yang hampi serupa dengan time of flight (ToF0 pada sebuah ponsel android yang berbeda dengan LiDAR pada iPhone 12 Pro dan Pro Max yang mampu menembakkan serangkaian pulsa di berbagai bagian pemandangan hanya dalam waktu yag singkat.

Terdapat berbagai manfaat yang tersemat dalam hadirnya teknologi LiDAR ini misalnya oklusi objek yang lebih baik yaitu munculnya objek virtual dari objek yang nyata. Teknologi Apple ini juga telah meluncurkan iPad Pro 2020 yang tengah menjadi pemindai LiDAR yang telah diolah bersama dengan data dari kamera dan sensor gerak yang kemudian tengah disempurnakan oleh alogoritma penglihatan komputer untuk pemahaman yang lebih mendetail tentang sebuah pemandangan.

LiDAR ini juga digunakan sebagai peningkat kualitas fokus yang bisa mengurangi waktu fokus dalam lingkungan cahaya yang rendah hingga sebanyak 6 kali lipat yang berarti bidikan potret dalam cahaya yang rendah dan menjadi lebih baik. Kefokusan bidikan pad ateknologi ini akan 6 kali lebih cepat daripada pemandangan cahaya yang redup untuk sesi video dan juga foto.

iPhone ini juga telah dilengkapi kemampuan fitur Augmented Reality yang telah ditingkatkan dan memingkinkan untuk menempatkan item digital di sebuah ruangan yang sudah dibangun selemum mereka benar-benar membelinya. Apple ini juga menghadirkan iPhone ini dibanderol dengan harga sebesar US$ 999 atau setara dengan 14 jutaan rupiah dan iPhone 12 Pro Mac yang muali dari harga US$ 1099 atau setara dengan 16 jutaan rupiah.

Nah itu dia informasi seputar teknologi LiDAR yang tersemat pad akamera yang ada di iPhone 12 yang akan rilis di kancah teknologi saat ini. Demikian informasi ini kami sampaikan, smeoga dapat memabntu sobat sekalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *